Senin, 02 Oktober 2017

Laptop menjadi sangat panas setelah dipasang HDD Caddy

Ada yg laptopnya memakai dual storage SSD + HDD menggunakan HDD Caddy?
Ada yg setelah memasang HDD Caddy, laptop menjadi overheat?
Kalau iya, kamu tidak sendiri, saya juga mengalaminya

Seperti biasa, cerita-cerita dulu

Saya mulai menggunakan SSD sejak beberapa minggu setelah lebaran tahun ini
Ya biasalah, saya belum berpenghasilan, dan saya sudah tdk tahan dgn HDD
Berhubung laptopku tidak ada slot M.2 (Asus ROG G550JX)
Saya menggunakan konfigurasi dual storage SSD + HDD menggunakan HDD Caddy
Kebetulan saya dapat Samsung SSD 750 EVO 240 GB
Saya membelinya sekalian dengan HDD Caddy dan jasa pasang
Beres pasang terus bawa ke rumah, bisa berjalan dengan lancar
Clone system drive dari HDD ke SSD juga lancar
Semuanya tampak beres

Namun beberapa hari setelah pembelian saya menyadari ada keanehan
Laptop saya menjadi sangat panas ketika menggunakan mode high peformance
Pernah saya catat suhu hampir menyentuh 100°C
Namun jika menggunakan mode power saving, suhu menjadi normal
Akan tetapi, menggunakan mode power saving tentunya memperlambat laptop
Tidak efektif menggunakan mode power saving terus menerus
Namun, saya belum menyadari kalau hal ini disebabkan oleh HDD Caddy

Suhu yg panas tersebut biasanya diakibatkan oleh penggunaan CPU yg tinggi
Saya lalu membuka task manager, dan saya melihat keanehan dalam graph CPU


Anehnya, hanya CPU0 saja yang tinggi
CPU yang lainnya tidak setinggi CPU0 walau juga ada aktifitas
Juga hal ini terjadi saat laptop saya sedang keadaan idle

Ketika saya membuka tab process, saya menemukan ini

Kenapa tuh System? Kenapa ada system interrups?

Saya langsung berspekulasi bahwa ada yang salah dengan hal yang lebih tinggi
Minimal sistem intinya rusak
Secara saat itu saya menggunakan cara kloning utk meng-instal OS dlm SSD saya
Saya putuskan utk instal ulang Windows, namun tetap saja tidak memberikan efek
Bahkan keanehan ini sudah terjadi saat proses instalasi Windows (buka task manager)
Saat itu juga saya sudah yakin bahwa ini kerusakan pada level perangkat keras

Coba browsing lagi
Ketemu software Process Explorer yg bisa memberikan informasi ttg sebuah proses
Buka aplikasinya terus arahkan ke System


Dapat dilihat, bahwa ACPI.sys bertanggung jawab atas semua masalah ini
Di sini saya kaget, ACPI.sys kan menyangkut masalah kelistrikan, makin bahaya nih

Saya tetap melanjutkan browsing
Saya menemukan link ini
Memberitahu bahwa di dalam HDD Caddy terdapat saklar, pindahkan saja saklar itu
Akhirnya saya bongkar laptop saya, ambil HDD Caddy, lalu pindahkan saklarnya

Posisi saklar yang benar ada di sebelah sisi kanan

Saya mengembalikan kondisi laptop saya seperti semua
Dan masalah tersebut sudah hilang


Saya coba browsing kembali
Dari yang sudah saya dapat
Saklar tersebut adalah saklar utk mengubungkan konektor SATA diagnostic ke ground
Ya jadi seperti itu lah

8 komentar:

Unknown mengatakan...

wah... info yang sangat membantu, soalnya saya baru aja pasang hdd caddy. dan laptop ane jadi panas banget.. selain itu hdd yang saya pasang di hdd caddy juga jadi bermasalah. di mana saat laptop di hidup kan, muncul tulisan S.m.a.r.t hdd bad. nanti ane coba, soalnya sekarang ane lagi keluar kota. trims sobat

aminvincent mengatakan...

terima kasih mas atas informasi nya, sangat bermanfaat... saya juga mengalami hal yang sama ketika menggunakan hdd caddy

Jemy Yermia mengatakan...

Saya juga mengalami masalah dgn hdd caddy bang. Setelah pasang hdd caddy laptop jd cepat panas, dan kalau sudah panas laptop tdk bisa dimatikan. Palingan layarnya doang mati tp lampu indikatornya tetap nyala, ujung2nya harus pencet tombol power beberapa detik spya laptopnya bisa mati total.
Nah, ane mau minta tolong bang soal cara mindahin saklar itu boleh lebih detail lg gk bang? Soalnya ane bongkar laptop tp gk tau mau diapain caddy nya.
Thanks

hrhngl mengatakan...

@Yermia To'sambo Kamu hanya perlu memindahkan posisi saklat itu saja

Unknown mengatakan...

Maksutnya pi dahkan saklar gimana gan? Geser saklarnya?

hrhngl mengatakan...

@Heri Susilo Iya

Anonim mengatakan...

Makasih gan

Dah 4 Jam utak atik syukur ketemu blog agan

Sukses terus untuk blog nya gan

fouzzer mengatakan...

di geser ke sebelah kiri ya gan? awalnya kan di tengah.